Spesifikasi dan Kekurangan HP Docomo

Untuk Anda yang belum memahami apa itu Docomo, ini merupakan sebuah operator seluler dari negeri sakura, Jepang. Docomo sendiri merupakan singkatan dari Do Communication Over The Mobile Network. Mereka bukan hanya menjual layanan internet saja, melainkan juga memberikan bundling dengan sejumlah smartphone.

Kalau di Indonesia, terdapat ponsel Docomo yang bisa dengan mudah ditemukan adalah yang dari merk Samsung atau Sony. Tetapi dasarnya, Docomo melakukan bundling untuk hampir semua merek.

Lalu bagaimana bisa HP Docomo di Indonesia?

Pada umumnya, HP Docomo yang ada di Indonesia merupakan ponsel yang bekas atau sudah habis masa kontrak. Hal itu menyebabkan ponsel tersebut tidak bisa lagi dijual di negara asal dan akhirnya dijual secara bebas secara internasional dan Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi tujuan penjualan device ini.

Banyak yang tertarik untuk memiliki HP Docomo, karena harganya murah tetapi spesifikasi yang ditawarkan sama dengan versi asli. Namun sebelum tertarik untuk membelinya, sebaiknya ketahui apa kekurangan yang dimiliki oleh ponsel ini. Berikut ini sudah kami jabarkan beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli HP Docomo.

Ulasan Kekurangan HP Docomo

1.Memiliki Desain Berbeda Dari Umumnya

Banyak orang yang melihat ponsel Docomo akan menganggap kalau itu merupakan ponsel palsu, atau KW Tiruan. Namun sebenarnya ponsel ini asli, namun mengalami beberapa perubahan kalau dibanding dengan versi internasional. Seperti ponsel Samsung atau LG yang berada di Jepang bundling Docomo, mereka tidak akan memberikan label merk.

Tetapi meski demikian, spesifikasi dan mesin dari HP Docomo tetap menggunakan versi sama. Jadi dari masalah desain sebenarnya bukan merupakan masalah besar.

2.ROM Tidak Bisa di Update

Karena merupakan ponsel yang sebenarnya khusus ada di Jepang saja, maka jika untuk dijual di luar negeri membutuhkan Custom ROM jadi bisa digunakan. Seperti mengunlock SIM sehingga bisa menggunakan jaringan yang ada di Indonesia.

Namun ketika ingin melakukan Custom ROM, ponsel ini akan selalu gagal dan juga tidak bisa dapat update terbaru seperti ponsel lain. Jadi misalnya ponsel tersebut sudah basis Marshmallow, maka tidak akan bisa berubah menjadi Nougat.

3.Ada Fitur yang tidak Bisa Digunakan

Banyak fitur menarik yang memang khusus untuk pengguna Jepang, seperti misalnya fitur waterproof dan wireless charging. Tapi sayangnya kalau membelinya di Indonesia, kita tidak akan bisa menemukan fitur-fitur seperti itu. Ada juga fitur seperti Hotspot, NFC, sampai ke WiFi yang juga tidak ada pada HP Docomo Indonesia.

4.Kamera tidak Bisa Disilent

Ada beberapa HP dengan model iPhone Docomo yang memiliki masalah pada penggunaan fitur kamera. Seperti tidak bisa mematikan suara shutter ketika sedang menggunakan mode kamera saat tengah memotret. Itu karena di Jepang ini merupakan sebuah kewajiban untuk adanya suara shutter ketika tengah mengambil gambar. Ini dilakukan untuk bisa menghindari tindakan tidak terpuji dengan cara mengambil gambar diam-diam yang sering terjadi.

5.Klaim garansi yang Meragukan

Terakhir, HP Docomo cukup meragukan untuk garansi internasionalnya. Karena jaminan ini dirasa kurang. Sehingga jika ponsel yang kamu beli mengalami kendala, jangan harap untuk bisa mendapatkan klaim garansi.

Nah, itulah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh HP Docomo yang dijual di Indonesia. Semoga ini bisa memberikan pencerahan bagi Anda sebelum memutuskan untuk membelinya. Kalau tertarik, HP Docomo banyak dijual di berbagai Ecommerce yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *