Tips Membeli Mobil Bekas Agar Untung

Beli mobil bekas bisa jadi pilihan bikin kamu yang pengin miliki kendaraan roda empat tetapi miliki bujet terbatas. Stereotip negatif mengenai mobil bekas emang gak bisa dihindari terhadap hari ini.

Banyak yang selalu percaya bahwa membeli mobil bekas yang biasa dimainkan dengan slot online terpercaya itu ringan rusak dan dapat memakai ongkos bikin pemeliharaan lebih boros. Padahal seluruh itu belum tentu benar lho asalkan kamu pintar-pintar waktu pilih dan membelinya.

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Untung

Pertumbuhan kuantitas kendaraan yang tambah meningkat tiap tiap tahunnya mengakibatkan industri otomotif Tanah Air berkembang memadai pesat. Terlihat dari data penjualan mobil baru terhadap th. 2018 yang capai 1,15 juta unit atau naik lebih dari 7 persen dari th. 2016 dan 2017.

Sekarang ini harga mobil bekas yang dijual di pasaran memadai bervariasi, menjadi puluhan juta rupiah sampai ratusan juta rupiah. Bagi yang menghendaki membeli tinggal menyesuaikan dana yang ada dan menjadi berburu mobil yang memiliki fasilitas audio rekaman lossless hadir dan sesuai yang diinginkan. Tetapi, waktu berburu mobil bekas ini sebaiknya calon pembeli termasuk mencermati beberapa perihal sehingga tidak tidak benar di dalam membeli mobil idaman.

Meski lebih murah, membeli mobil bekas termasuk perlu miliki perhitungan. Jika ceroboh, salah-salah pengeluaran malah jauh lebih besar ketimbang membeli mobil baru.

Dokumen lengkap

Yang satu ini penting. Beli lah mobil bekas yang miliki surat-surat lengkap. Membeli mobil seken tanpa Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan atau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) benar-benar berisiko. Pasalnya untuk mengurus dokumen-dokumen seterusnya dapat memakan ongkos dan waktu.

Dampak lainnya, ketiadaan dokumen mobil bisa menimbulkan risiko yang lebih parah. Misalnya, penjual bisa saja menjelaskan bahwa BPKB hilang. Tapi bagaimana jadinya kalau BPKB ternyata sedang dititipkan di leasing sebab ada kasus kredit?

Pikir lagi membeli secara kredit

Ada alasan kuat mengapa tidak dianjurkan membeli mobil bekas secara cicilan atau kredit. Alasannya yaitu sebab pengeluaran bulanan kami bisa tambah membengkak.

“Cicilan mobil tentu memunculkan pengeluaran pasif yang perlu dibayarkan per bulan. Ketika mobil yang kami kredit termasuk memerlukan pergantian suku cadang, maka sudah tentu pengeluaran bulanan kami membengkak,” tukasnya.

Survey tempat membeli

Tips membeli mobil bekas yang paling jitu adalah melakukan survey tempat. Survey tempat baik dealer offline dapat memudahkan Anda untuk capai mobil bekas berkualitas. Sebaliknya, kalau hanya memeriksa ketersediaan via web site atau secara online.

Potensi terjadinya penipuan terhadap suasana mobil yang sebenarnya lebih tinggi. Untuk itu, ada baiknya mengecek secara online maupun offline untuk memverifikasi ketersediaan mobil yang ada.

Waspada Mobil Harga Miring

Pepatah “ada rupa ada harga” berlaku waktu Anda membeli mobil bekas. Bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan mobil kualitas bagus bersama dengan harga murah, tetapi tetapi Anda perlu lebih waspada dan jeli memeriksa suasana mobil jikalau harga jauh di bawah pasaran.

Jika Anda berpikir menghendaki membeli mobil bekas khususnya pembayarannya bersama dengan cara kredit, maka ada baiknya duwit yang dikeluarkan tak lebih dari 20 persen dari gaji Anda.

Sebab, membeli mobil bekas tentu dapat lagi mengeluarkan ongkos ekstra, seperti perawatan tambahan, atau sebenarnya perlu ada pergantian komponen. Belum lagi, perlu membeli bahan bakar atau tambahan asuransi.